Agar Anak Mau Mendengarkan, Gunakan Eleven Kalimat Ini

Bagi Anda yang merupakan pengajar PAUD, metode mengajar sambil bermain ini merupakan metode mutlak yang harus kita lakukan supaya anak-anak mau belajar dan tidak mudah bosan. Banyak sekali cara kreatif yang bisa kita lakukan, misalnya saja ketika mengajari mereka penjumlahan ada baiknya untuk mengajak mereka menghitung jumlah pintu, meja di kelas daripada mengajarinya melalu tulisan di papan. Anak kecil memang mudah bosan ya, jika mereka sudah bosan maka biasanya mereka akan bertindah semaunya. Untuk mengatasi hal itu maka kami memiliki tips penting yang bisa Anda coba.

siapkan poin-poin dari materi pelajaran utama dalam bentuk yang lebih animasi. jika memang bisa disampaikan dengan poin, kita bisa gunakan slide presentasi lewat energy poin. buatlah beberapa slide tampilan materi pembelajaran dengan menyisipkan animasi lucu dan bergerak di dalamnya. hal ini akan berguna agar penyampaian materi tidak membosankan. penjelasan poin seperti ini juga lebih jelas dalam mengarahkan tujuan pembelajaran itu sendiri.

Cara agar anak mau mendengarkan pelajaran ketika sekolah

Karena Anda bukan native speaker, Anda punya kekurangan dalam hal ini. Tidak sulit kan untuk menemukan lagu anak berbahasa Inggris? Cobalah untuk “libur” menasehati, coba dekati dan beri perhatian dan sayang lalu dengarkan saja mereka, ini merupakan pintu masuk bagi mereka untuk mau menerima nasehat. Dampaknya, anak akan belajar kebiasaan baru yang mungkin bertentangan dengan pola asuh anda. Sikap anda, bisa menerima atau juga bisa bernegosiasi, tentang kebiasaan dan pola anda dalam mengasuh anak ini. Beruntung anda mendapat ayah yang dekat dengan anda, perhatian, peduli dan ngerti arti keluarga.

Maka memberikan dukungan pada anak adalah hal yang wajib di lakukan. Sebagai orang tua tentu harus membantu hal itu dengan selalu berkomunikasi dengan guru atau waki kelas anak kita di sekolah. Maka bagaimana sikap yang ditunjukan orang tua pada anak akan memberikan stimulus pada sikap-sikap anak. Atau dengan kata lain, faktor apa yang membuat anak menjadi malas. Tanpa mengetahui faktor-faktor tersebut maka akan sulit bagi orang tua menentukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Jika dirasa orang tua siswa ini bisa lakukan hal-hal yang berbahaya dan tidak diinginkan minta satpam sekolah atau teman sesama guru mengawasi dari jauh dan lakukan pertemuan di tempat umum di sekolah dan tidak di ruang tertutup.

Saat menjadi seorang guru, saya selalu berusaha untuk tidak membatasi interaksi saya kepada murid dalam lingkup akademis saja; tetapi saya mencoba memasuki kehidupan mereka. Peserta didik aktif terlibat di dalam proses belajar mengkonstruksi sendiri pemahamannya. Teori belajar konstruktivisme merupakan titik berangkat pembelajaran ini. Atas dasar itu pembelajaran ini secara sengaja dirancang agar mengaktifkan anak. Jadi, usahakan semaksimal mungkin untuk tidak larut dalam emosi, baik dalam bentuk “menangisi anak kita” maupun melabrak teman anak kita atau orang tuanya. Semua langkah yang kita ambil harus terkendali oleh akal sehat.

Stunny