Cara Agar Anak Tidak Mudah Bosan Saat Belajar Online

Tidak perlu terlalu lama, cukup 15 sampai 20 menit sehari sudah cukup untuk menanamkan kebiasaan membaca. Selanjutnya Parent Pinters dapat menanyakan kembali tentang bacaan si Kecil, misalnya pesan ethical dari cerita yang dibacanya. Dengan begitu anak juga belajar berdiskusi dan mengekspresikan pendapatnya. Parent Pinters bisa mencari tutorial senam untuk anak dengan gerakan yang sederhana dan mudah dihafalkan di internet. Misal, membuat anak bergerak dengan melakukan kegiatan rumah yang sederhana. Namun, ia menegaskan guru pasti memiliki primary untuk mengajar di era pandemi, tinggal bagaimana meramunya.

Namun SMM adalah inovasi yang mengoptimasi 2 kebaikan dari sekolah konvensional dan homeschooling dengan dukungan teknologi. SMM memiliki kepastian standard dan penerapan fleksibilitas belajar yang berpihak untuk pertumbuhan anak dan adaptif sesuai tantangan masa depan terutama disaat pandemi. #SemuaAnakBisa belajar memahami konsep dengan mudah dan menyenangkan dari guru yang berkompeten, device equipment dan praktik yang menarik, serta waktu belajar yang fleksibel. Ketika makan siang tiba, minta anak untuk memakan bekalnya yang sudah disiapkan. Sebab, tempat dengan suara bising akan mengganggu konsentrasi anak. Selain itu, pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi yang baik, agar sirkulasi udara tetap lancar.

Salah satu manfaat dari meditasi ini adalah dapat mengembalikan kondisi tubuh dan pikiran agar menjadi lebih fresh. Begitu juga siswa SMK yang seharusnya sudah menjalani kerja praktik namun tak bisa dilakukan secara langsung maupun by way of internet. Selain itu, Agus mengaku juga melakukan kegiatan tatap muka dengan para muridnya dengan menggunakan aplikasi zoom.

Guru juga ditantang untuk mampu menyatukan persepsi dan konsentrasi anak didik yang berada dalam kondisi saing berjauhan. Hal ini memang menjadi tantangan sendiri bagi para guru selama proses belajar mengajar dari rumah. Karenanya, guru dituntut kreatif dalam menyajikan materi sehingga siswa tidak bosan. Meski orangtua disibukan dengan tugas pekerjaan rumah atau kantor, namun selama pandemi corona ini peran orangtua dalam mendampingi anak belajar dari rumah sangat penting. Jika di kemudian hari anak sukses mencapai cita-cita, tentunya sebagai orangtua juga pasti akan bangga.

Dikarenakan guru tidak memungkinkan untuk datang ke rumah setiap siswanya, tentu saja hal ini membuat belajar mengajar anak sepenuhnya terpaku pada orang tua. Untuk menanggulangi masalah itu, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan orangtua untuk menemani kegiatan belajar anak di rumah. Bagi orang tua dengan anak-anak yang masih kecil, perubahan pola hidup ini tentu merupakan tantangan yang harus dihadapi. Selain harus work at home, mereka juga harus mendampingi aktivitas sekolah online dan bermain anak.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Sisipkan pula camilan rendah gula dan karbohidrat sehingga anak tidak mengalami kenaikan gula darah mendadak. Asupan tinggi gula dan karbohidrat bisa membuat anak cepat mengantuk dan sulit fokus. Camilan dan air memicu anak untuk mengunyah sehingga menimbulkan efek menenangkan.

“Kami sudah lakukan survei, hasilnya sebagian orang tua siswa mengeluh anaknya tidak bisa mengikuti PJJ karena tidak mampu membeli kuota web,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi. Selain kedua tugas pembelajaran di atas, guru dapat mengajarkan nilai-nilai keagamaan dan seni kepada anak. Sentuhan agama dan seni melalui tugas membuat laporan dengan foto atau video. Misalnya anak menghafalkan surah-surah pendek dari Alquran, belajar membaca Alquran, menulis dengan huruf Arab, salat berjamaah, dan kegiatan ibadah yang lain dalam pembiasaan. Kegiatan sendiri membantu orang tua seperti menyiram tanaman dalam pot, memberi pakan ikan di akuarium, menyapu kamar tidur, membantu ibu di dapur atau menemani adik balitanya bermain dapat juga dilakukan. Sedangkan yang dilakukan secara bersama seperti pembiasaan makan bersama anggota keluarga di ruang makan, membersihkan rumah dan lingkungannya, hingga salat berjamaah, dan ibadah lainnya.

Stunny