Jalan Panjang Efektivitas Vaksin Covid

“Untuk mendapat herd immunity itu a hundred and seventy juta kali dua jadi 340 juta vaksin. Tidak cukup memang, kekurangannya nanti dengan impor dari vaksin yang sudah jadi,” ucap Neni. “Pelaksanaannya belum dikasih tahu, karena ini kita baru diminta datanya dulu agar 1,2 juta masyarakat itu terdata dulu,” kata Ade Yasin. Oleh sebab itu, ia menuntut Pemerintah Pusat untuk kembali melakukan hal yang paling mendasar. Dalam Financial Track juga dibahas mengenai pembiayaan dari vaksin COVID-19 yang tentu memakan assets yang sangat besar.

Vaksin dapat menangani Covid

Padahal kenyataannya di lapangan, lokasi vaksinasi dan faskes rujukan penanganan KIPI tak selalu berdekatan. Oleh karena itu untuk jaga-jaga, sebaiknya sebelum vaksinasi kamu riset atau survei RS mana saja yang menangani KIPI. Tak hanya itu, selain mengupayakan perbaikan terhadap konsumsi warga, pemerintah juga mesti mencari opsi lain untuk memulihkan ekonomi, salah satunya bisa lewat investasi.

Jumlah tersebut mewakili 60 persen jumlah penduduk Kabupaten Bekasi yakni sebanyak 3,89 juta jiwa. Ade merincikan, mereka yang akan diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan, Polri, TNI, pegawai, guru, dan masyarakat yang paling banyak terdampak di zona merah. Ketika ditanya kemungkinan vaksin datang November 2020, dr Pandu tidak menampiknya. Sebab, pemerintah kata dia, memang memiliki kemampuan untuk memaksakan kebijakan dalam penanganan kesehatan.

Di Asia Tenggara, pada waktu yang sama terdapat tiga negara yang terlibat kerangka COVAX dengan ikut memberikan dukungan dana, yakni Indonesia, Singapura, dan Thailand. Luasnya wilayah Indonesia, imbuh mantan Kapolri ini, menjadi tantangan bagi pemerintah dan otoritas terkait lainnya untuk menciptakan herd immunity dalam waktu yang selekas mungkin. Otoritas kesehatan di Inggris, yang saat ini sedang memerangi varian COVID-19 nya sendiri, berpendapat bahwa varian yang ada di Afrika Selatan itu sangat “berbahaya”. Preiser mengemukakan kekhawatiran bahwa vaksin yang ada saat ini tidak akan bekerja sebaik mungkin untuk memerangi varian tersebut. Ini tidak mudah dilakukan, tetapi jika lebih banyak orang mempraktikkan perilaku ini, semakin sulit virus untuk terus menyebar.

Awal Januari, Bio Farma akan menyampaikan laporan sementara yang berisi bukti efikasi, imunogenisitas, dan keamanan vaksin tersebut kepada BPOM untuk membantu memastikan otorisasi penggunaan. Selain itu, pemerintah juga akan memastikan tersedianya fasilitas rantai dingin untuk menjaga stabilitas vaksin dan telah mempersiapkan petugas kesehatan sebagai tenaga vaksinator. Masyarakat Indonesia akan menerima vaksin yang aman dan efektif, sesuai dengan komitmen BPOM dan pemerintah. Sembari menunggu hasil uji klinik vaksin, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan vaksin COVID-19 sangat diperlukan. Itu hal penting untuk diingat di tengah tingkat vaksinasi yang semakin meningkat. Setelah prioritas tersebut, akan dilaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat umum dan pelaku sektor perekonomian lain.

Stunny