Komnas Kipi Terima Laporan 229 Kasus Serius Efek Vaksinasi Covid

Kuman akan dibiakkan dan difermentasi, kemudian diambil polisakarida kuman sebagai antigen bahan pembentuk vaksin. Selanjutnya dilakukan proses purifikasi dan ultrafiltrasi yang mencapai pengenceran 1/67,5 milyar kali sampai akhirnya terbentuk produk vaksin. Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyatakan AstraZeneca aman dan halal di tengah isu penggunaan enzim tripsin dari babi dalam proses produksinya. Menurut Nanung, yang paling meresahkan masyarakat hoaks soal kehalalan vaksin. Di Indonesia, Komisi Fatwa MUI sendiri memberi fatwa Sinovac halal dan suci, sehingga masyarakat tidak harus ragu dan khawatir atas vaksin buatan Cina itu.

“Ada kondisi kebutuhan mendesak atau hajah basyariyah dalam konteks fikih yang menduduki kedudukan syar’i atau darurat syar’iyah,” jelasnya. Kedua, ada keterangan dari ahli bahwa terdapat bahaya atau risiko fatal jika tidak segera dilakukan vaksinasi. “Dan banyak Dewan Islam di seluruh dunia telah telah menyatakan sikap bahwa vaksin ini diperbolehkan untuk digunakan oleh para Muslim,” kata mereka.

Artinya adakah produk vaksin lain yang menggunakan fasilitas produksi yang sama dengan produk vaksin Covid-19 ? Jika Ya, apakah menggunakan bahan yang bersumber dari babi dan bagaimana proses pencucian fasilitas produksi jika pernah juga digunakan untuk memproduksi vaksin lain yang menggunakan bahan dari babi dan/atau turunannya. Sebagai informasi, tripsin yang disebut MUI digunakan dalam proses pembuatan vaksin AstraZeneca, adalah getah perut yang dibawa oleh aliran darah ke pankreas, merupakan unsur yang penting dalam pencernaan.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat tidak ragu menerima vaksin Covid-19. Pasalnya, dosis dalam vaksin dipastikan tidak dibuat menggunakan bahan baku babi. Menag Yaqut memastikan bahwa proses pembuatan bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac menggunakan fasilitas yang suci dan hanya digunakan untuk vaksin Covid-19. Menggunakan fasilitas produksi yang suci dan hanya digunakan untuk produk vaksin Covid-19. Dalam audit lapangan, Team mendapati bahwa fasilitas dan peralatan produksi yang digunakan untuk membuat vaksin Covid-19 adalah fasilitas baru yang tidak pernah digunakan untuk membuat vaksin lain. Selain itu, fasilitas dan peralatan produksi vaksin tersebut devoted atau hanya diperuntukkan untuk produk vaksin Covid-19 saja.

Dalam publikasinya disebutkan bahwa PT Bio Farma telah mendapatkan surat pernyataan dari Sinovac Biotech bahwa vaksin tersebut tidak mengandung gelatin babi. Karena itu, Steaven menyatakan masyarakat tidak perlu takut mengikuti program vaksinasi, baik dengan Sinovac maupun AstraZeneca. ”Kematian yang dilaporkan di Jakarta masih belum bisa disimpulkan disebabkan oleh AstraZeneca, masih sementara penelitian,” ujarnya. MANADO, KOMPAS — Vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Utara bakal melambat akibat penghentian sementara penggunaan vaksin AstraZeneca dari kumpulan produksi CTMAV547.

Vaksin Sinovac babi

Sehingga saat diolah menjadi vaksin, tak ada lagi bahan yang bersinggungan dengan babi. Dikutip dari medcom.id, klaim Vaksin Corona dari Tiongkok mengandung babi adalah salah. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir saat video convention dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kamis, 27 Agustus 2020. Vaksin AstraZeneca mengandung instruksi genetik DNA untai ganda virus corona.

Meskipun begitu, mereka menyebut bahwa penggunaan vaksin yang diproduksi di Korea Selatan itu, untuk saat ini diperbolehkan. AstraZeneca menyebutkan vaksin Covid-19 produksi mereka tidak mengandung babi. Hal itu sudah dikonfirmasi Badan Otoritas Produk Obat dan Kesehatan Inggris. Kepala BPOM Penny Lukito menyatakan bahwa vaksin tersebut memiliki tingkat efikasi sebesar seventy eight persen. Ia juga menyebut uji klinis fase II yang dilakukan terhadap forty two ribu orang di Arab Saudi menunjukkan bahwa vaksin ini aman digunakan.

Selanjutnya, kuman akan dikembangbiakan dan bagian polisakaridanya diambil sebagai antigen yang digunakan untuk membentuk vaksin. “Ahli fiqih mengatakan sudah ada delusi. Jadi nanti dari produk vaksin finalnya, tidak ada lagi barang-barang yang perlu dikhawatirkan,” papar Ahmad. Dijelaskan Ahmad, Sinovac memproduksi vaksin dengan cara menumbuhkan virus di sel Vero. Tujuan pembuatan vaksin adalah untuk menumbuhkan antibodi yang spesifik mengenali protein spike atau protein lonjakan.

Onsite audit dilakukan mulai dari upstream production hingga downstream manufacturing. Lini cell bermula dari sel vero yang berasal dari WHO yang dikembangkan dari parently/primely cell menjadi grasp cell lalu menjadi working cell. Proses produksi lini cell ini dilakukan di Pabrik Vaksin Sinovac yang ada di Changping Beijing. Karena itu ia meminta umat muslim untuk tidak ragu menerima vaksin AstraZeneca karena sudah ada fatwa MUI bahwa hukum penggunaan vaksinnya mubah. Belakangan, pihak AstraZeneca membantah vaksin Corona mereka mengandung babi. “Tapi kita tahu setidaknya dalam pembuatan vaksin itu ada three hal yang harus kita lihat pertama yakni penyiapan inang pembibitan vaksin. Inang pembibitan vaksin ini yang menggunakan materi berasal dari babi,” sambungnya.

Stunny