Ribuan Kendaraan Pemudik Disuruh Putar Balik, Mayoritas Mobil Pribadi

Sambil berurai air mata, pemudik yang diputar balik karena tidak memiliki surat bebas Covid-19 ini pun memohon kepada polisi untuk memberi kebijaksanaan kepada dirinya. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 membuat dirinya terkena PHK sehingga tidak ada lagi penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari di Jakarta. Dirinya tak setuju dengan aturan larangan mudik yang diterapkan pemerintah. Aturan putar balik selain pelat F untuk melintasi kawasan Puncak Bogor terkait dengan aturan masa larangan mudik yang berlaku pada 6-17 Mei 2021.

“Di wilayah hukum Polda Metro, sudah lebih kurang 1.600 kendaraan disuruh putar balik,” katanya. Istiono mengatakan upaya penyekatan ini terus dievaluasi demi penerapan yang lebih baik lagi di lapangan. Mayoritas yang diminta untuk memutar balik ke Jakarta adalah bus penumpang tujuan sejumlah daerah di luar Jabodetabek. Riauterkini – TELUKKUANTAN – Ratusan pemudik disuruh putar balik di perbatasan Riau – Sumbar selama operasi dilakukan Tim Gabungan Polres Kuansing. Namun, mereka semua diputarbalikan sehingga tidak bisa pergi untuk mudik.

Pemudik disuruh untuk putar balik

Dijelaskan Bupati Dony pada pemberlakuan PSBB tahap II, penjagaan pintu masuk diperbatasan harus lebih diperketat lagi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghalau lonjakan para pemudik yang melakukan perjalanan masuk dan keluar Sumedang. “PSBB ini berhasil kalau bisa menghalau pemudik. Strategi menghalau pemudik dengan PSBB berarti harus ketat. Perbanyak penjagaan, jaga pemudik jangan sampai masuk dan hadirkan petugas ada di jalan,” katanya. Di tempat ini petugas gabungan melaksanakan kegiatan monitoring di Posko Check Point pencegahan penyebaran Covid-19 space TPI Eretan Kulon dan TPI Eretan Wetan.

“Kami menggunakan skala prioritas. Soalnya ada warga Klaten yang kerja di Jogja. Begitu juga sebaliknya. Penyekatan ini untuk mendidik masyarakat dalam upaya preemtif dan preventif ,” katanya. Valuasi GoTo melonjak sejak April 2021 jika perusahaan hasil merger Gojek dan Tokopedia itu masuk ke pasar modal. “Check level ini sifatnya pengecekan, kemudian kita ngecek apakah prokesnya berjalan atau tidak. Kemudian juga ada putaran balik, kita akan putar balik dia apabila akan pulang untuk melaksanakan mudik,” katanya. Larangan mudik untuk selamatkan bangsa ini, tapi kenapa Ibu itu mengucapkan kata kata itu ke petugas,” ujar Hotman. Hotman juga menegaskan untuk menangkap pemudik bermobil putih tersebut dan meminta agar petugas bisa menunjukkan pelaku ke hadapan publik jika sudah mendapatkan identitasnya. Dalam akun Instagram @hotmanparisofficial yang dilansir melalui Kompas.television, Hotman Paris tampak mengomentari video viral tersebut.

Menurut dia, hal itu merupakan tindak lanjut dari keputusan Presiden Joko Widodo yang melarang mudik saat pandemi COVID-19. Diakui Tavip penutupan hanya dilakukan di beberapa titik saja, keterbatasan personel membuat pemeriksaan tidak bisa dilakukan di banyak tempat. Polri pun terus mengimbau kesadaran para pemudik untuk tidak melakukan mudik pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini demi kebaikan bersama. Beritajatim.com adalah media on-line berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengupdate data pihak-pihak yang terdampak Covid-19 baik warga non Jawa Timur yang berada di Jawa Timur, ataukah warga Jawa Timur yang berada di Jabodetabek. Tetapi saya berharap tidak ada yang melanggar sehingga sanksi tidak perlu dijatuhkan,” paparnya.

Stunny